untuk diriku yang mungkin sedang lupa

happy graduated for me.

akhirnya aku menulis lagi setelah sekian lama hanya berkutik menyelesaikan tugas akhir mahasiswa. seperti tidak ada masa depan ketika tidak bisa menyelesaikannya. 

banyak hal yang kualami selama menyelesaikan tugas akhir itu. dari keputusasaan, semangat lagi, sampai akhirnya selesai untuk memulai hal baru lagi. ia yang pernah berkata “akan selesai pada waktunya” yang sekarang sudah ingin pergi dari pembicaraan dan pikiranku. Sedih, pasti sedih. tetapi ada beberapa hal yang lebih menyedihkan dari ini yang sampai sekarang ketika aku memikirkan masih kadang membuat hujan di wajahku hadir. tidak apa – apa yang kukatakan pada diriku. ternyata aku diminta untuk semangat untuk menggapai apa lagi yang kuingin dan yang harus dilakukan. Ada hal-hal yang selalu membuat mu tersenyum dan tidak hanya hal itu. Yang maha kuasa masih izinkan kita bahagia ketika kita masih berpijak didunia karena itu salah satu bentuk syukur. mungkin ini beberapa pelajaran yang baru aku dapat. dan membuatku lebih berpikir kemana arah yang harus ak tuju dan ap yang sebaiknya ak lakukan untuk diriku supaya menjadi lebih baik. 

ya bukan satu-satunya manusia mengalami hal tersebut. semua yg terjadi akan terlewati dan dialami dengan masa yang berbeda. 

Alhamdulillah. 

dan terima kasih juga.

Iklan

Life is hard, maybe

Hari ini Rabu tanggal 12 Juli 2017. aku pergi nonton film, awalnya bukan film itu yang ingin ditonton, tapi ada alasan mengapa dia ingin merubah film yang dia mau. Kali ini aku hanya mengikuti maunya. Karena biasanya dia yang selalu mengikuti mauku. Sebenarnya agak tidak yakin kalau dia ingin nonton film indonesia apalagi yang genre melodrama gitu walaupun gag masuk kategori romance. Tapi yasudahlah dia hanya berkata ingin dan tidak kutanya lagi walaupun aku penasaran. 

Ya film kali ini berhasil membuatku menangis. aku memang tidak bisa melihat hal sedih langsung menangis. 

ceritanya kali ini tidak jauh permasalahannya dengan keadaan di lingkungan kita. Anak Jalanan, pengamen, pengemis. Sering kali jika waktu aku nongkrong ngopi atau sedang dilampu merah hal biasa yang kita lihat adalah mereka. Tak sedikit yang tidak memberi mereka. karena stigma masyarakat mengatakan

Jangan dibiasakan diberi nanti mereka malas, kan kita udah capek” cari uang, toh itu mereka kasih ke bosnya koq.

Itu hal biasa yang didengar. Tapi coba pikir kalau niat memang memberi mungkin hal itu akan lewat saja. Ya dari film itu memang keras sekali kehidupan mereka, mereka yang gag bakal nyangka hidup begitu disaat kita yang masih seumuran mereka kita lihat orang tua kita yang bekerja dan berbeda dengan mereka. Ya mau tidak mau, walaupun uang yang didapat mereka diserahkan kepada orang lain tapi masih ada yang mau mengurus mereka walaupun dengan cara yang seperti itu. Di banding dengan berapa orang yang memikirkan keadaan mereka dan berniat menolong mereka. Kebanyakan tidak ada yang menolong mereka kecuali Tuhan mereka sendiri. 

aku dan teman temanku pernah mendatangi anak-anak jalanan di daerahku. mereka bercerita dan punya cita-cita tinggi. dan mereka diberi rumah untuk tinggal. Ya aku rasa rumah itu tempat yang layak kudengar dari yang merawat mereka. Tapi entah kenapa mereka tetap disuruh mengamen seperti itu. kata orang yg merawat mereka walaupun ngamen dan sebagainya tapi orang itu tetap melarang keras untuk mencuri dan memakai obat obatan bahasanya ngelem.

Itu hanya setitik didaerahku yang kutemukan. 

Pasti banyak di setiap bagian dunia ini yang seperti itu khususnya Indonesia. 

Hidup itu memang tidak dibentuk untuk semua orang itu kaya, sehat dan bahagia. Asal dari itu semua iyalah Miskin, Sakit dan Kesedihan. 

Ada perbandingan itu membuat kita belajar yaitu selalu bersyukur, mengingat, memberi dan berbagi. Jangan pernah merasa kurang karena ada yang lebih kurang dari kita. Jangan merasa lebih karena ada yang selalu lebih dari kita.

tulisan kali ini hanya menjadi pengingat untuk diriku jangan lupa selalu berbuat.

Keep moving, remembering, action.

Lebih Lama Lagi

Lagi lagi kau singgah seperti aku menginginkan angin datang di terik hangat senja ini.

Sehelai senyum kecil datang tanpa aku sadar itu tanda bahagiaku atas kesinggahanmu yang hanya sekian detik.

Ingin detik itu berubah menjadi menit lalu selanjutnya menjadi Jam. 

waktu tidak akan mengerti dan tidak peduli kalau aku ingin menatap senja yang disinggahi olehmu. 

Mungkin hanya aku yang mengerti. 

Sesaat disaat diam

seperti biasa hari ini langit cerah tidak ada hujan, bukan tidak ada tapi belum hujan. biasanya hujan akan datang setelah panas menyengat. 

zona nyaman yg kusinggahi sekarang tetap membuat ku tidak ingin kemana-mana. walaupun ingin kemana-mana tapi inginnya di ajak dan dijemput. hehe. 

zona nyaman, seseorang yang dekat denganku saat itu selalu mengingatkan ku untuk jangan terlalu lama berada di zona nyaman. zona nyaman itu bagiku adalah stuck zone. dimana saat itu kita tidak melakukan hal yang meningkatkan kualitas diri. 

ketika bertemu orang baru, membaca buku baru, menulis hal baru. hal-hal itu yang membuatku keluar dari comfort zone. 

 Dan sekarang akupun terjebak lagi dizona ini dan tidak ada yang mengingatkan ku lagi untuk keluar kecuali diri sendiri yang mengingatkan.

Lagi-lagi aku menginginkan motivasi untuk keluar. teringat dengan Alm bapak, membuat ku pelan pelan keluar dari zona ini. 

yaa sekarang aku harus lebih berusaha lagi untuk menghilangkan kemalasan ku melihat dan menyelesaikan mu (kripik sweet) karena aku lebih teringat dengan mu yang sudah dipanggil lebih dulu. 

aku terlalu merindukanmu pak. 

hanya itu yang terlintas di benakku sejenak sekarang ini. 

you have to out from this zone and meet with the new things. the things that can repair you to be a right person or anyelse. 

The little things 

In my life, friend is a person who important like my family. Yaa temen, seburuk”nya temen tetap ad hal baik yang dilakukannya terhadap kita kan. walaupun hanya hal kecil. Menjauhi temen cman krna ngelakuin kesalahan kecil atau sekali dua kali menurutku bkn cra yg pas untuk nyelesain masalah. 
yang namanya temen itu klo salah ya diingetin. klo diingetin marah,  yaa blg klo gag suka diingetin. Yaa memang agak kesel sih klo gtu kadang. tapi ya jangan juga ngingetinnya pke marah yang biasa aj yang tulus. 

aku juga, kadang suka gag enakan negur” gtu, apalgi klo udh tmen dkt, tapi kan mending dri pda tiba” kita langsung diam gag jelas. kasih twnya pelan” aj. slowly but sure!

mungkin ak sendri prnh bgtu.. tapi yaa skarang agak dkurangin lah. krna kdng kita sndri jga sebel sma org yg bgtu kan.

sekarang ini lbih banyak mkir kbaikan kcil yg tmen pernah bagi ke kita. when we get anger, so i remember that. supaya inget jga klo kita pernah salah. Namanya manusia tempat salah dan lupa. kesalahan aja dia lupa. 

ini sebaris kutipan malam selasa tanggal 15 Mei 2017.

after she was told me about her story. 

                        ~👭👬~

Sebaris Kebingungan

Ada hal paling sederhana yang buat kita sedih, senang, bngung, bahkan rasa gila. Hal sederhana ini yg sring di koarkan untuk diperjuangkan. When you say its love.

I don’t know about love, different with like or same? 

“Ada hal yang aku suka darimu yang membuatku jatuh cinta dengan mu”

But, the simple word. isn’t like the simple when we saying that word. When you hav feelin’, you can’t say thats word. 

let me keep this feelin’ until the end. 

try to care

aku itu suka berteman walaupun yah temen banyak tapi yang pling dket gag banyak. aku itu cenderung cuek banget orangnya. gag ad perhatiannya deh klo sma temen. pling cmn gtuu aj. tapi ak gag nyangka aj wlupun bgtu ad mrka yg tw ak gmna tw ak gag prhtian gag pedulian orgnya mrka ttp care sma ak,  bgt malahh disitu ak bngung, krna ak mmng org.a cuek. apakah ak hruss prhtian jga bgtu atau ttp biasa aj. but, ak ttp pngen mrka nyaman tmenan sma ak smpe nnti. orang” kbnyakan awalnya kenal sma ak itu krna pndiam. pdhal ak ngrsa.a biasa aj. kdang risih jga dblg bgtu. kdang sad aj. 

sekarang aku udh pelan-pelan buat peduli sama org” yg disebelah belakang samping kiri kanan atas bawah. dn trnyata ya give attention to people its so difficult, thats my opinion. But i really make my friend happy in truly and reality, (sowry if my english still bad).  terimakasih bgt buat tmen” yang udh pduli bgt sma ak wlupun ak nyebelin bgt kyk.a.. wkwk.. but thanks so much deh.. ak brsyukur bgt dprtmukan org” yg kyk klian. always give me lesson about this life. 

tetap ajarin ak gmna cranya pduli sma org lain. i think its so important in our life to care with all of people.